Antusias, TENDIK MTsN 3 Cilacap Ikuti Webinar Ramadhan GTK Madrasah Seri 1

Antusias, TENDIK MTsN 3 Cilacap Ikuti Webinar Ramadhan GTK Madrasah Seri 1

Selasa, 4 Maret 2025. Alhamdulillah, sejumlah TENDIK(Tenaga Pendidik dan Kependidikan) MTsN 3 Cilacap telah mengikuti kegiatan Webinar Ramadhan GTK Madrasah dengan tema "Strategi Penguatan Resiliensi dan Pengelolaan Siswa di Asrama Madrasah". Acara diselenggarakan oleh Direktorat GTK Madrasah pada Selasa, 4 Maret 2025 jam 13.00 sampai 15.00 pada room https://us06web.zoom.us/j/7950875390?pwd=seLSe1QlGAMQlbVNsqFYSoT3hD1Bbm.1&omn=86333431519, Meeting ID: 795 087 5390, Passcode: GTK2025.

Webinar Ramadhan GTK Madrasah dengan tema "Strategi Penguatan Resiliensi dan Pengelolaan Siswa di Asrama Madrasah", dihadiri oleh Prof Amin Suyitno(Dirjen Pendidikan Islam), Thobib Al Asyhar(Direktur GTK Madrasah), Agus Pramoedya(Psikolog), Jamanhuru(MAN PK Jember), Pahrurozi M. Bukhori(MAN IC Serpong), Sofar S Bisri(Pokjawas Kab. Tegal), Lutfi Ubaidillah(Kasubtim Guru MA) selaku moderator dan sejumlah tamu undangan tak kurang dari 980 peserta.

Kepala MTsN 3 Cilacap, H.Ali Nurdin,S.Ag.M.Pd.I beserta sejumlah TENDIK dari MTsN 3 Cilacap antusias mengikuti Webinar Ramadhan GTK Madrasah dengan tema "Strategi Penguatan Resiliensi dan Pengelolaan Siswa di Asrama Madrasah". Beberapa pesan yang disampaikan oleh pemateri bagi pengelola asrama atau tenaga pendidik dan kependidikan di madrasah antara lain sebagai berikut:

1. Jadikan madrasah sebagai kawah candradimuka bagi calon pemimpin bangsa yang berkualitas melalui 3 hal, diantaranya Keteladanan, Keihklasan dan Istiqomah.

 2. Agar menghasilkan santri atau murid yang Berotak German Berhati Mekkah, maka santri atau murid sebaiknya  diajarkan 3 hal, yaitu Pemahaman yang benar terhadap ajaran agama, Pelaksanaan ajaran agama dan pembiasaan dalam keseharian, Pemberian tanggung jawab pada santri atau murid agar terbiasa smart dalam menyelesaikan permasalahan secara bijaksana.

 3. Ciptakan Komunikasi Positip agar lingkungan asrama atau madrasah makin kondusip, mendukung dan produktif serta membantu santri atau murid merasa lebih nyamamn dalam berbagi perasaan dan masalah mereka. Berikut 8 cara untuk menciptakan Komunikasi Positif tersebut: Gunakan bahasa yang memotivasi, Berikan umpan balik konstruktif, Gunakan pertanyaan terbuka, Jadilah pendengar aktif, Gunakan pujian spesifik, Tawarkan pilihan saat akan memberikan tugas, Gunakan humor yang sesuai, Tunjukkan empati.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga kita dapat menciptakan madrasah yang aman, nyaman dan membahagiakan, sehingga terwujud peserta didik yang dapat tumbuh dan berkembang sesuai potensi secara optimal, penanaman karakter dan akhlak mulia.

Kepala madrasah, Guru BK, Pembina Asrama dan semua Tenaga Pendidik dan Kependidikan memiliki peran sangat penting dalam membangun mental yang tangguh dan menciptakan lingkungan madrasah atau asrama yang harmonis.




 


 

 


 

 


 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Unggah PAK TT Basah Pada E-KINERJA

Cara Penulisan Prestasi Murid Pada Raport RDM 2022